Cara Belajar yang Efektif Ala Mahasiswa

A. Pendahuluan

Sebelum kita membahas secara jauh tentang cara belajar yang efektif perlu kiranya kita menengok terlebih dahulu  tentang Psikologi Pendidikan, karena pada dasarnya cara belajar efektif merupakan bagian pembahasan dari Psikologi Pendidikan. Oleh karena itu sebelum membahas lebih jauh tentang Cara Belajar yang Efektif perlu kiranya kita tau apa sih Psikologi Pendidikan itu??

Psikologi pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan. Sedangkan pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar (Whiterington, 1982:10). Dari batasan di atas terlihat adanya kaitan yang sangat kuat antara psikologi pendidikan dengan tindakan belajar. Karena itu, tidak mengherankan apabila beberapa ahli psikologi pendidikan menyebutkan bahwa lapangan utama studi psikologi pendidikan adalah soal belajar. Dengan kata lain, psikologi pendidikan memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan yang berkenaan dengan proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan belajar.

Karena konsentrasinya pada persoalan belajar, yakni persoalan-persoalan yang senantiasa melekat pada subjek didik, maka konsumen utama psikologi pendidikan ini pada umumnya adalah pada pendidik. Mereka memang dituntut untuk menguasai bidang ilmu ini agar mereka, dalam menjalankan fungsinya, dapat menciptakan kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong yang besar terhadap berlangsungnya tindakan-tindakan belajar secara efektif.

B. Belajar

Menurut Slavin dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan proses perolehan kemampuan yang berasal dari pengalaman. Menurut Gagne dalam Catharina Tri Anni (2004), belajar merupakan sebuah sistem yang didalamnya terdapat berbagai unsur yang saling terkait sehingga menghasilkan perubahan perilaku. Sedangkan menurut Bell-Gredler dalam Udin S. Winataputra (2008) pengertian belajar adalah proses yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan aneka ragam competencies, skills, and attitude. Kemampuan (competencies), keterampilan (skills), dan sikap (attitude) tersebut diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari masa bayi sampai masa tua melalui rangkaian proses belajar sepanjang hayat.

Dapat disimpulkan bahwa Belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh individu secara bertahap sehingga menghasilkan suatu perubahan yang beraneka ragam seperti competencies, skills, attitude, dan pemahaman yang lebih baik.

C. Ciri-ciri belajar

Adapun ciri – ciri belajar adalah sebagai berikut:

–         Belajar harus memungkinkan terjadinya perubahan perilaku pada diri individu. Perubahan tersebut tidak hanya pada aspek pengethauan atau kognitif saja tetapi juga meliputi aspek sikap dan nilai (afektif) serta keterampilan (psikomotor);

–         perubahan itu merupakan buah dari pengalaman. Perubahan perilaku yang terjadi pada individu karena adanya interaksi antara dirinya dengan lingkungan . interaksi ini dapat berupa interaksi fisik dan psikis; (3) perubahan  perilaku akibat belajar akan bersifat cukup permanen.

D. Cara Belajar yang Efektif

Cara Belajar yang efektif merupakan usaha yang dilakukan oleh individu untuk memenej waktu agar usaha untuk belajar bias menjadi lebih baik. Adapun di bawah ini merupakan cara – cara belajar yang baik, antara lain:

  • Bertanggung jawab dan Kewajiban

Tanggung jawab merupakan tolak ukur sederhana di mana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar. Seorang Mahasiswa harus tau Tanggung jawab dia sebagai mahasiswa itu apa???…. dan mengerti kewajibannya baik yang bersifat individu maupun kelomp

  • Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.

Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu.  Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting.

  • Kerjakan dulu mana yang penting.

Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri.  Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu.

  • Memilih Metode Pembelajaran

Setiap individu kemampuan daya tangkapnya berbeda – beda dalam memahami sesuatu. Oleh karena itu pemilihan metode pembelajaran seperti, bercerita, merangkum, diskusi dll itu sangat penting.

  • Memahami Materi

Sebelum materi diterangkan oleh Dosen sebaiknya setiap individu harus memahami konsep dari materi tersebut, apabila konsep sudah dikuasai nantinya apabila sudah diterangkan oleh dosen kita akan mendapatkan pengetahuan yang lebih baik (skemata) J. Peaget.

  • Mencatat (merangkum)

Usaha ini adalah salah satu usaha yang simple dan mudah, dalam artian setiap dosen menerangkan sebaiknya kita mencatat apa yang merupakan bagian penting dari apa yang diterangkan oleh dosen.

  • Implementasi

Dari cara2 di atas belum lengkap jika apa yang sudah kita lakukan tidak diimplementasikan terhadap kehidupan sehari, contoh study club, belajar kelompok, memberikan penjelasan pada teman yang kurang faham.

Cara – cara di atas merupakan usaha agar kita menjadi lebih baik, tapi perlu kita ketahui manusia mempunyai daya upanya dan kelemahan…. So selamat mencoba… n Good Luck

Perihal candraardian2
i am like music

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: